3 Cara Mengatasi Android Bootloop, Ringan, Sedang dan Parah

Oleh:   Unknown Unknown   |   12/07/2017 02:21:00 PM
Kita tahu bahwa bootloop ini merupakan masalah yang sering terjadi namun banyak yang tidak mengetahui mengenai bagaimana caranya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pada umumnya bootloop ini di tengarai oleh adanya kerusakan pada system Android, sehingga menyebabkan kegagalan pada Android yang sedang melakukan start up. Sehingga menjadikan hp android ini tidak bisa masuk ke bagiaan menu home.
Permasalahan gagal booting ini biasanya dikarenakan hp yang gagal dalam melakukan upgrade system, selain itu juga ada pula yang disebabkan karena adanya salah pada saat menggunakan firmware android dan bootloop ini juga bisa terjadi pada saat kita sedang melakukan root akan tetapi root tersebut gagal, nah sehingga pada saat Anda restart atau nyalakan hanya mampu menampilkan logo atau merek ponsel-nya saja.

Bootloop yang tersebut akan terus menerus terjadi meskipun Anda sudah merestart berkali-kali. ada banyak permasalahan yang menyebabkan booting tersebut tidak berjalan, apa karena diakibatkan oleh ganti costume room yang tidak tepat, kemudian apa karena terjadi kesalahan pada saat memodifikasi tampilan system, atau mungkin karena ada sebeb yang lainnya.
Baca juga "5 Cara Mengatasi Android Yang Lemot"
3 Cara Mengtasi Android Bootloop, Ringan, Sedang dan Parah

Berikut ini cara mengatasi bootloop secara tepat
  1. Andorid Light Bootloop
  2. Ini merupakan salah satu permasalahan bootloop yang cukup ringan, biasanya permasalahan tersebut terjadi pada saat kita sedang bermain game, menginstal aplikasi atau biasanya kita sedang bermain video dan tiba-tiba saja terjadi restrart atau re-boot sendiri. Kemudian setelah menyala kembali hp tidak bisa masuk ke menu selain menampilkan logo ponsel saja.
    Untuk cara mengatasinya Anda bisa melepas baterai ponsel android dan kemudian memasangnya kembali, Baru kemudian Anda coba nyalakan lagi ponsel tersebut. Biasanya dengan menggunakan cara tersebut maka ponsel android sudah bisa booting kembali secara normal.
  3. Android Medium Bootloop
  4. Masalah yang satu ini bisa terjadi karena akibat dari aktifitas dari para pengguna yang sering kali mengutak-atik fitur-fitur Android dan kemudian masuk ke system recovery. seperti yang kita tahu bahwa dengan menggunakan system recovery ini merupakan sebagai bagian yang terpenting dari sebuah ponsel android tersebut, nah dari system recovery tersebut kita dapat melakukan rooting ponsel. Jadi system tersebut sangat dilindungi sehingga kalau Anda mencoba untuk mengotak-atik dan kemudian terjadi kesalahan maka dapat mengakibatkan bootloop. Anda dapat memperbaikinya dengan cara masuk ke sistem recovery untuk kemudian mem-backup ulang. Dalam mengatasi permasalahan Android yang bootloop satu ini maka Anda membutuhkan sebuah laptop ataupun PC untuk media dalam memback up data recovery image dan file recovery CMW ataupun aslinya. Nah cara ini akan dapat berhasil  jikalau kita sudah pernah mem-backup data ROM yang ada pada hp tersebut. Namun kalau Anda belum pernah sama sekali mem-backup data ROM-nya, maka Anda akan dapat mencari data recovery khusus yang digunakan untuk tipe ponsel terebut yang ada  di google. Karena kalau datanya tidak sama tentu juga tidak akan dapat di restore seperti semula.
  1. Android Hard Bootloop
  2. Permasalahan yang ketiga merupakan permasalahan yang cukup serius. Biasanya ini bootloop diakibatkan oleh aktifitas kita pada saat sedang mengganti stock ROM yang berbeda, pada saat sedang melakukan upgrade system operasi atau pada saat sedang meng-compile APK yang salah. sehingga aktivitas tersebut juga dapat memicu bootloop. Untuk cirri-cirinya yaitu pada saat ponsel sedang di hidupkan tidak bisa masuk ke bagian menu dan tidak bisa untuk di utak-atik lagi atau macet total.
    Dalam hal ini bisa dikatakan kerusakaannya di golongkan cukup parah. Maka dari itu untuk mengatasi Hp Android yang bootloop tersebut dengan memakai laptop ataupun PC. Untuk laptop atupun PC yang Anda gunakan untuk memperbaiki juga harus Anda install OS Android yang digunakan untuk melakukan Flasing Rom (firmware). Namun untuk cara menginstal dari masing-masing OS android juga berbeda-beda tergantung dari merek dan tipe ponsel itu sendiri.
Itulah cara mengtasi android bootloop dengan tepat, semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda semuanya. 

Tampilkan Komentar